Jumat, 19 Juni 2015

TENTANG UMROH

Apa itu Umrah?


Pengertian Umrah

Adalah sebuah bentuk ibadah berupa kunjungan (ziarah) ke tempat suci di Mekah, yang di dalamnya terdapat tata cara yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, agar ibadah yang dilakukan itu benar dan sah. Karena tata cara umrah adalah bagian dari haji, maka umrah disebut juga dengan haji kecil. Salah satu contoh perbedaan antara haji dan umrah adalah adanya Wuquf di Padang Arafah sebagai salah satu rukun haji (yang tidak termasuk ke dalam rukun umrah).


Tata Cara Umrah


  1. Rukun Umrah mulai dilaksanakan di miqot yaitu tempat mulai niat umrah dan memakai pakaian ihram. Bila berangkat dari Madinah maka miqatnya di Bir Ali. Disarankan sejak dari Madinah telah memakai perlengkapan umrah yang diperlukan (seperti pakaian ihram), namun niat ihram dibaca di Bir Ali. Setelah berganti pakaian, jamaah melakukan shalat ihram 2 rakaat.
  2. Setelah memakai pakaian ihram dan niat umrah, jamaah tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun wangi, sikat gigi dengan odol, memakai peci atau pakaian yang lain selain pakaian ihram. Juga dilarang berhubungan suami istri sampai ibadah umrah berakhir yaitu hingga selesai tahallul (memotong rambut). (Lihat: 10 larangan ihram pada menu Larangan Ihram di bagian agak ke atas halaman ini.)
  3. Membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya.
  4. Setiba di Masjidil Haram, jamaah melakukan Thawaf mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali, putaran 1-3 kali dengan berlari-lari kecil, untuk putaran ke 4 hingga 7 berjalan seperti biasa.
  5. Shalat 2 raka`at di maqam Nabi Ibrahim.
  6. Dilanjutkan dengan melakukan Sa`i dari Shofa ke Marwah.
  7. Melakukan Tahallul yaitu mencukur rambut baik seluruhnya maupun sebagian..


Rincian Perjalanan Umrah


Terkait dengan umrah, kita akan mempertimbangkan waktu, cuaca, dan biaya yang terkait dengan perjalanan ibadah umrah anda.

Waktu dan Cuaca


Menurut perkiraan, bulan Juni sampai Agustus Arab Saudi sedang berada di musim panas dengan suhu hampir 44 derajat celcius. Cek perkiraan cuaca Mekkah di Accuweather.com.

Ibadah umrah dapat dilaksanakan bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji.

Perkiraan Biaya Terendah dan Tertinggi Umrah

Komponen umrah dan biayanya



Salah Benar Umrah


Pilihan Paket Umrah Yang Ditawarkan


  1. Paket Umrah Reguler
  2. Paket Umrah Khusus Ramadhan
  3. Paket Umrah Desember / Akhir Tahun
  4. Paket Umrah Plus Dubai
  5. Paket Umrah Plus Turki
  6. Paket Umroh Plus Aqsho 
  7. Paket Umroh Plus Mesir 
  8. Paket Wisata Muslim 
  9. Paket Umroh VIP 

Penerbangan

Emirates , Etihad , Oman air , Egypt air , Garuda Indonesia


Akomodasi Hotel

Jarak hotel medinah : 30 - 50 meter dari masjid Nabawi
Jarak hotel Mekkah  : 200 - 400 meter dari masjidil haram


Visa


Visa umrah adalah syarat yang harus disiapkan oleh travel umrah. Visa adalah tanda ijin memasuki sebuah negara. Tiap-tiap negara menetapkan harga yang berbeda untuk visa masuk ke negaranya.

Biaya Lain-lain


Perlengkapan umrah, airport tax dan handling, pengurusan dokumen seperti paspor, surat keterangan mahram, dan surat keterangan vaksin meningitis. Juga biaya lain sebagai biaya pribadi yang akan menunjang kegiatan para jamaah melakukan ibadah umrah.



Demikian informasi tentang persiapan-persiapan yang harus jamaah lakukan sebelum memilih jadwal keberangkatan umrah dan travel umrah.

Semoga bermanfaat dan salam hangat

PT. AR-RAFAZA TOUR & TRAVEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar